Mudahnya Menanam Pohon Tin

buah tin muda

Selamat berkunjung di blog kami. Kami menyediakan bibit pohon tin. Pohon yang sedang populer ini makin hari makin digemari. Selain karena jarang lihat, pohon ini juga disebut dalam Al-Quran. Bahkan nama tiin telah dipakai dan digunakan sebagai salah satu nama Surah dalam Al-Quran (Surah At-Tiin). Allah sendiri bahkan bersumpah dengan buah tin.

Di kebun kami beberapa jenis tin kami tanam dan kami budidayakan. Salah satu yang paling menonjol adalah Bibit jenis Green Jordan dan Purple Jordan (berasal dari Yordania). Para kolektor tin pasti sudah sangat mengenalnya, tapi masyarakat umum belum kenal baik dengan pohon ini. Dengan blog ini kami ingin mengenalkan pohon tin ini kepada anda semua.

Di kebun kami tersedia Bibit tin hasil cangkokan usia 2-4 bulan. Siap ditanam di berbagai media seperti pot atau dapat langsung ditanam di tanah. Anda dapat mencoba menanam bibit yang paling tangguh dan cepat berbuah. Saya rekomedasikan untuk mencoba jenis Purple Jordan. Jenis ini adalah yang biasa dimiliki para penggemar tin pemula. Alasannya tentu saja karena jenis ini salah satu yang paling rajin berbuah, khususnya di Indonesia.

Kami menyediakan bibit-bibit tin yang siap tanam dalam kemasan polibag. Tanaman tin dapat mempercantik taman Anda, sekaligus dapat memanen buah surga yang mungkin jarang anda temui. Ayo, silakan hubungi kami tak usah ragu.

CARA MENANAM
Pilihan media tanam sebagai berikut: (Boleh pilih salah satu)
1. Kompos yang sudah halus seperti tanah dan sekam (dengan perbandingan 1:1)
2. Sekam bakar dan tanah kebun (dengan perbandingan 1:1)
3. Humus dan sekam bakar (perbandingan 1:1)
4. Tanah kebun (jika tidak ada sekam bakar atau humus)
5. Kompos matang, sekam bakar, dan pulkam (dengan perbandingan 1: 1: 1)

Hama tanaman
1. Belalang. Hama yang biasa mengganggu tanaman ini adalah belalang (sunda: tongeret). Saat melakukan aksinya belalang akan menggigit bagian daun dan batang yang masih muda menjadi gerepes hingga patah.
2. Karat daun. Karat daun daun muda dan juga menyerang daun yang hampir tua. Bila daun terkena karat, warnanya akan seperti mengering dan bisa mengganggu proses fotosintetis.
3. Manusia. Tak dapat dielakkan kalau justru manusia yang “iseng” kerap menjadi “hama”. Misalnya anak-anak yang kerap memetik buah tin yang masih mentil, (mungkin karena penasaran atau gemes lihat buahnya yang bergelantungan di tiap batang pohon..

Cara Perawatan
1. Termpatkan bibit di area full sun (cahaya matahari penuh, min 5 jam sehari)
2. Sirami tanaman pagi hari dan sore hari, dengan tidak terlalu becek.
3. Kurangi gangguan seperti gulma dan rumput liar lainnya.
4. Berikan pupuk NPK dan pupuk organik untuk memacu pertumbuhan akar dan daun.

jika anda berminat silakan email ke: bangsa_sukses@yahoo.com atau langsung saja telepon atau sms ke saya 085_777_213_978 (Sdr Nanang).

Jika Anda berdomisili sekitar Bogor bisa COD atau ketemuan di suatu tempat. Usahakan hari Sabtu dan Minggu.

Tabulampot Bogor
Jenis Purple Jordan, salah satu jenis tin dari Jordania yang rajin berbuah.
Kebun Tin Bogor
Pohon Tin jenis Green Jordan, usia kurang lebih 2 bulan. Bentuk daunnya terlihat kusut dan kusam karena terserang hama. Hama pada daun disebabkan oleh karat daun. Dapat dilakukan dengan memberi pupuk tambahan yang merangsang pertumbuhan akar dan daun. Bisa dengan hormon akar atau dengan NPK mutiara. Silakan dicoba.
Pohon Tin jenis Green Jordan. Tunas baru bermunculan kembali setelah bagian atasnya saya cangkok.

https://bogorfig.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

X